Planetarium

Gedung di mana masyarakat bisa melihat proyeksi atau simulasi benda-benda langit. Pada umumnya planetarium memiliki ruang utama dengan atap berbentuk kubah untuk proyeksi langit dan berbagai objek langit di malam hari. Planetarium juga menyediakan teleskop untuk melakukan pengamatan benda-benda langit. Di Indonesia, planetarium pertama adalah Planetarium Jakarta. Selain itu...

Papasan Akbar

Disebut juga Konjungsi Akbar adalah peristiwa papasan dekat antara Jupiter dan Saturnus. Papasan kedua planet ini terjadi setiap 19,6 tahun dengan jarak bervariasi. Akan tetapi ada kalanya kedua planet ini berpapasan sangat dekat dan tampak seperti satu bintang terang di langit. Karena itu peristiwa ini diberi julukan papasan akbar....

Nadir

Titik imajiner tepat di bawah pengamat yang berlawanan arah dengan Zenit. Titik nadir ini merupakan lokasi tertentu pada arah vertikal yang searah dengan gaya gravitasi pada lokasi tersebut.

Resonansi

ketika sebuah objek mengitari Matahari (atau satelit mengorbit planet) dalam frekuensi yang tetap terhadap objek lain yang juga mengorbit Matahari (atau satelit mengorbit planet).  Frekuensi bisa sama dengan objek lain atau berlaku kelipatannya.

Bola Langit

Bola khayal yang melingkupi Bumi dan menjadi letak benda-benda langit seperti bintang, planet dll. Bola khayal ini bisa berpusat pada pengamat, Bimi atau lokasi lainnya.

Kutub Langit

Dua titik pada bola langit yang berpotongan dengan sumbu rotasi Bumi jika ditarik garis khayal yang memperpanjang sumbu tersebut.  Kutub utara dan kutub selatan pada bola langit.

Gelombang Radio

Tipe radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang paling panjang dan memiliki energi paling rendah, merentang dari 0,3 mm sampai beberapa kilometer.

Gerak Diri

Laju perubahan / pergeseran bintang di langit. Bintang-bintang selalu bergerak. Akan tetapi, jaraknya yang sangat jauh menyebabkan pergerakannya hampir tak teramati. 

Gerak Semu Langit

Gerak benda-benda langit yang kita amati dari Bumi, dimana benda-benda langit terlihat terbit di timur dan tenggelam di barat. Gerak semu ini teramati karena Bumi kita yang berotasi dengan arah sebaliknya, dari barat ke timur.