Antimateri

Materi yang terdiri dari partikel dengan sifat yang berlawanan dari materi biasa. Contohnya adalah positron (antielektron), yang mirip elektron tapi bermuatan positif. Antimateri terbentuk dalam interaksi energetik yang melibatkan partikel dasar atau radiasi elektromagentik energi tinggi. Saat partikel-partikel tersebut bertemu, materi dan antimateri saling memusnahkan dalam ledakan energi.

Transisi Rotasi

Perubahan momentum sudut dalam fisika kuantum. Proses transisi molekul dari keadaan / tingkatan energi rotasi tertentu ke tingkatan yang berbeda lewat proses kehilangan atau penambahan foton. Ketika partikel mengalami kehilangan momentum sudut, partikel tersebut akan pindah ke keadaan energi rotasi lebih rendah. Saat partikel memperoleh momentum sudut, maka terjadi transisi rotasi positif.

Isotoplog

Molekul – molekul yang berbeda pada komposisi isotopnya saja. Atau sederhananya, isotoplog adalah molekul dengan satu atom yang berbeda nomer neutron dari atom induknya.

Lepton

Partikel dasar yang membentuk materi bersama kuark. Lepton memiliki 6 zarah yang terdiri dariElektron, Muon, Tauon, serta 3 neutrino pasangannya.

Kuark

Partikel dasar yang membentuk proton dan neutron. Diketahui kalau proton dan neutron disusun oleh tiga jenis kuark.

Kuark punya enam “rasa”: atas, bawah, berkharisma, aneh, puncak, dan dasar. Proton tersusun atas 2 kuark atas dan 1 kuark bawah, sementara neutron tersusun atas 2 kuark bawah dan 1 kuark atas.

Neutrino

Zarah tak bermuatan listrik dan memiliki massa teramat kecil. Kedua sifat ini membuat neutrino dapat melaju menembus materi lain dengan sedikit interaksi dan sangat sulit dideteksi.