Episiklus

Lingkaran pada lingkaran yang merupakan jalur gerak planet, bulan, dan Matahari dam model geosentris untuk menjelaskan gerak retrograd.

Vulkanisme Ferritik.

Vulkanisme dengan magma didominasi besi cair. Merupakan bagian dari tipe vulkanisme basaltik yang didominasi logam dan biasa dijumpai di zona pemekaran lantai samudera.

Gunung Api Besi

Gunung Api yang memuntahkan magma berupa besi cair melalui kerak besi padat ke permukaan planet, satelit atau asteroid. Jika sebagian besar kandungannya merupakan besi murni, maka magma yang dimuntahkan lebih encer dan kurang eksplosif. Bisa dilihat dari erupsi berupa aliran permukaan dengan viskositas rendah yang langsung menyebar seperti lembaran tipis. Jika ada elemen ringan yang tercampur dipadukan dengan gas yang memuai dengan cepat, maka akan terjadi ledakan yang menyisakan lubang di permukaan.

 

Ekor Komet

Fitur berupa ekor yang terbentuk saat komet mendekati Matahari dan materinya menguap serta terlepas dari inti komet. Materi yang terlepas ini tampak memanjang menjauhi Matahari karena didorong oleh angin Matahari. Ada dua bentuk ekor komet yakni ekor gas terionisasi yang terang dan ekor debu yang lebih redup.

Regolit

Lapisan materi yang melapisi batuan, Lapisan materi tersebut bisa berupa debu, tanah, atau pecahan batuan. Regolit berasal dari bahasa Yunani, rhegos yang artinya selimut dan lithos yang berarti batuan.

Ekor Magnet

Pada Bumi dan planet lainnya, ekor magnet terbentuk akibat interaksi angin Matahari dan medan magnet planet yang mengakibatkan medan magnet merentang dan memanjang sampai ribuan kilometer dari planet dengan arah berlawanan dari Matahari.

Ekor magnet merupakan area yang dipengaruhi medan magnetik pada sisi berlawanan yang menjauhi Matahari dan merentang jauh sehingga tampak seperti ekor. Bagian ini termasuk dinamis dan perubahan besar seringkali terjadi pada area ini, termasuk ion dan elektron yang memperoleh tenaga.

Meteorit

Meteoroid yang bisa melalui fase meteor atau selamat melintasi atmosfer Bumi tanpa menguap secara total  dan mencapai permukaan. Meteorit tidak hanya ada di Bumi. Di MArs ataupun Bulan pun sudah ditemukan bukti keberadaan meteorit.