Pulsar

Asal Kata:
Pulsar

Pulsar atau sumber radio yang berdenyut adalah bintang neutron yang berputar cepat dan memancarkan gelombang radio dari kutub-kutub magnetnya pada arah tertentu.

Objek ini baru ditemukan pada tahun 1967 oleh Jocelyn Bell, mahasiswi di Observatorium Cambridge. Kala itu Jocelyn melihat sinyal radio aneh pada pita pencatat yang ditelitinya. Setelah dianalisis, sinyal radio tersebut berulang dengan irama tetap setiap satu detik. Setelah melakukan analisis berbagai kemungkinan sumber pulsar, pada akhirnya para astronom menemukan kalau pulsar berasal dari bintang neutron yang berputar cepat. Laju putaran pulsar bisa mencapai milidetik dengan pancaran radio yang mengalami perubahan secara berirama atau berkala.

Perubahan pancaran radio pada pulsar terjadi karena, saat berkas cahaya pulsar menyapu Bumi atau masuk dalam medan pandang pengamat, maka para astronom bisa mendeteksi keberadaan pulsar. Tapi, ketika cahayanya menjauh dan menghilang seiring rotasi pulsar. Karena itu bagi pengamat di Bumi, cahaya pulsar tampak seperti berdenyut.

Kategori: Bintang
« Kembali ke Indeks Istilah Antariksa